Jumat, 11 Juni 2010

Membuka Pintu-pintu Kedewasaan

....menjadi dewasa ternyata butuh keberanian, namun bukan berarti tidak ada jalan atau tanpa tahapan... Jalan menuju kedewasaan harus kita lewati, tahapannya harus kita lalui dan pintu-pintunya harus kita buka.
Mungkin saja ada orang yang lebih merasa nyaman hidup santai, tanpa peraturan, bebas, tak ada beban. Tapi sesungguhnya tanpa keberanian menjadi dewasa, hidup justru akan menjadi kerdil, penuh beban, kesulitan dan berbagai penderitaan lain.
Karena kedewasaan berarti mampu menentukan hidup sendiri, mampu beradaptasi dengan lingkungan dan mampu bertanggung jawab.
bagaimana membuka pintu-pintu kedewasaan itu.... :
1. Berdiamlah sejenak,tidak terburu-buru
Salah satu ciri kedewasaan ternyata adalah kemampuan berpikir dengan tenang, tidak tergesa-gesa dan tidak didominasi emosi. Dan potensi untuk berpikir sebelum bertindak ternyata dikaruniakan Allah pada semua manusia, juga semua makhluk ciptaanNya termasuk hewan. Hanya terkadang kita lupa, dan cenderung mengabaikannya bahwa itu adalah prinsip hidup. Berpikir sebelum bertindak...
Salah satu contoh ketidaksabaran adalah melakukan suatu pekerjaan dengan tergesa-gesa tanpa perhitungan dan pertimbangan yang masak.
Tips yang diberikan Pak Kasur (tokoh pendidikan) kepada istrinya untuk mengendalikan emosi adalah : "Cobalah menghitung dulu dari satu sampai sepuluh jika ibu ingin marah"
Setelah dicoba ternyata berhasil....baru hitungan ketiga saja kemarahan bu Kasur langsung hilang....patut kita coba... :)
2. Jangan takut tantangan, karena itu akan mendewasakan
Tak ada kematangan yang diperoleh dengan instan. Kedewasaan adalah puncak dari kekuatan hidup yang harus kita miliki untuk memberi makna dan arti perjalanan hidup kita. Jiwa ini perlu tantangan dan benturan. Dalam suasana benturan dan tantangan, munculah mujahadah atau upaya keras. Dari mujahadah akan muncul kualitas iman yang baik.
Kematangan berpikir dan kedewasaan dalam bersikap adalah hasil dari sebuah usaha yang kita lakukan terus menerus tanpa henti, yang teruji saat kita diterpa banyak musibah dan tekanan.
Saat kita diuji dengan musibah maka pintu memulai kedewasaan terbuka. Sikap kita dalam menghadapi musibah dan tekanan tersebut akan menunjukkan kedewasaan kita. Bila kita berhasil mengatasinya dengan baik sehingga kehidupan kita menjadi normal dan baik perjalanannya artinya....pintu kedewasaan telah mulai terbuka...

ada beberapa pintu lagi yang harus kita buka....untuk menuju kedewasaan....karena ternyata kedewasaan itu tak sejalan dengan bertambahnya umur.... harus kita cari dan harus ki ta buka... agar terasah....
Salah satu pintu yang paling penting.....adalah " mendekat dan terus mendekat pada Allah Ta'ala.....
Pembahasan pintu ini dan pintu2 yang lain....disimpan dulu y....
biar tidak terlalu panjang "note"naya....
smoga bermanfaat......
disarikan dari Tarbawi edisi 101 th 2005...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar