Minggu, 13 Juni 2010

....aurat...

Sesuai dengan fitrahnya, manusia merasa lebih nyaman untuk menyimpan rahasia atau privasinya dari jangkauan orang lain. Akan tetapi, seiring perkembangan Zaman dan teknologi banyak orang yang berubah "pikiran" menjadi lebih senang membuka rahasia agar diketahui orang lain.
Dalam Islam, privasi ini sangat dilindungi, dan kita setiap muslim diwajibkan untuk menjaga, menutupi dan menyimpannya. Privasi tertentu disebut dengan 'aurat'. Selain aurat yang berupa fisik (yang sudah kita hapal) juga ada aurat nonfisik, salah satunya adalah apa yang dilakukan oleh seseorang ketika melakukan hubungan suami istri.....Hal ini termasuk aurat...yang tidak boleh disiarkan dan dibuka..
Larangan ini sesuai dengan hadist Rasul, yang diriwayatkan oleh Ahmad, yang berbunyi " Jangan lakukan (bercerita tentang hubungan suami-istri), sesungguhnya hal itu seperti setan laki-laki yang bertemu dengan setan perempuan dijalan, lalu keduanya bersetubuh sementara orang-orang melihatnya"
Tentu tidak nyaman bukan dan juga menjijikkan sekali....
Apatah lagi menyebar luaskan dosa atau aib kita, tentu itu juga dilarang....
Karena ini menandakan bahwa orang itu bangga dengan dosanya serta terang-terangan menentang Allah.... dan Allah tentu takkan rela untuk mengampuninya..
Ini sesuai dengan sabda Rasul SAW " Seluruh umatku akan diampuni dosa-dosanya kecuali orang-orang yang terang-terangan (berbuat dosa). Diantara itu adalah seseorang yang pada waktu malam berbuat dosa, kemudian diwaktu pagi ia menceritakan kepada manusia dosa yang dilakukannya, padahal Allah telah menutup aibnya. (HR Albukhari dan Muslim)
Selain menutupi dan menjaga aib diri sendiri, juga kita berkewajiban untuk menutupi dan menjaga aib sesama muslim.... dengan tidak memperbincangkannya (ghibah) juga tidak menyebarluaskannya dalam bentuk apapun, karena ghibah sama dengan "memakan bangkai saudara kita sendiri".... dan tidak ada sedikitpun keuntungan dan hal2 baik yang kita dapat dengan menyebarkan aib tersebut.... malah merugikan....membuat anak-anak kita penasaran dan berkembangnya seks bebas....
Wallahualam....
Semoga kita tidak termasuk orang2 yang suka mengumbar aib diri maupun orang lain......
semoga kita tidak termasuk orang yang suka memakan bangkai..... amien....

disarikan dari hikmah Republika hari sabtu tgl 12 Juni 2010, catatan M. Sahrul Murajjab


Tidak ada komentar:

Posting Komentar