Sabtu, 08 Mei 2010

....keseimbangan....

Apa yang wanita rasakan saat....hormonnya tidak seimbang....contoh saat awal2 hamil...?
tak enak bukan..... mual...pusing...pokoknya tidak menyenangkan.... setelah seimbang masuk pada bulan ke 4 baru saja...agak lumayan....

Nah apa jadinya kalau kehidupan kita tak seimbang....
wow....seperti apa y?....seperti orang mabukkah? gelisahkah? tak bahagiakah?
ah....yang pasti tidak menyenangkan....

Ternyata manusia itu terbangun dari 3 hal dasar, yang bila seimbang pemenuhan hak-haknya, maka akan seimbang pula pola hidupnya, dan akan membuat hidupnya sempurna atau Kaffah menurut islam...

apa saja ketiga faktor itu ?
yaitu :
1.Ruhiyah.
2. Jasadiyah.... jasmani.
3. aqliyah.....akal (ini yang membedakan manusia dengan hewan)

Kebutuhan ketiganya berbeda, atau pemeliharaannya berbeda yaitu :

1. Ruhiyah, agar terus sehat dan tak menjadi kering, layu dan sakit, harus dipelihara dengan, @ kedekatan dengan Alquran (membaca,mengkaji,menghapal dan mentadaburinya), @ mengingat Allah swt setiap waktu dan yang terakhir dengan melaksanakan amalan-amalan sunnah.
2.Jasadiyah, butuh makanan dan minuman yang halal serta baik, butuh olahraga dan harus ber PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat)
3. aqliyah, butuh dicharge dengan mencari ilmu, membaca buku dan berdiskusi.

Untuk pemenuhan hak-hak jasmani atau jasad, insyaAllah kita semua sudah melakukannya dengan maksimal, paling agak2 terlambat sedikitlah... atau tak seimbang antara makanan dan cairan yg dibutuhkan tubuh. dan biasanya langsung tahu dan merasa kalau pemenuhannya kurang seimbang biasanya sakit....minimal masuk angin,atau sakit lambung.
Yang masih belum optimal, atau malah tidak kita sadari adalah pemenuhan kebutuhan ruhiyah kita... Betul tidak? kita tak sadar bahwa baca quran itu kebutuhan kita, bukan saja perintah Allah yang akan bernilai ibadah dan berpahala.Makanya mungkin kita masih limbung dalam menjalani hidup ini, karena kita belum seimbang dalam memenuhi hak2 tubuh ini. Baik ruh, jasad maupun akal.

Satu catatan penting, bila kita lebih dari 3 hari tidak membaca Alquran, maka mengeraslah hati kita, dan semakin sulit untuk mendapatkan hidayah Allah. Wallahualam bisawab.

disarikan dari pengajian sadar masjid Al ilham tgl 10 April 2010.
Mari mendekatkan diri pada Alquran, agar kita tak limbung dan terkalahkan oleh kehidupan.
smoga....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar